Harga Pasang Behel Dokter Gigi di Majalengka

 

Dokter Gigi Orthodonti Majalengka
Perawatan orthodonti adalah salah satu perawatan dokter gigi
yang bertujuan untuk merapikan susunan gigi
(sumber gambar : veskedent.com)

Oleh : drg. Gelar S. Ramdhani

Banyak yang bertanya "Dok, berapa biaya pasang behel atau kawat gigi oleh dokter gigi di Majalengka?", sebelum saya jawab pertanyaan tersebut ijinkan saya menjelaskan terlebih dahulu tentang perawatan orthodonti lebih detail, agar menambah wawasan anda yang ingin melakukan perawatan orthodonti atau pemasangan behel kawat gigi

Tidak semua orang memiliki susunan gigi yang rapi, banyak diantara kita yang memiliki susunan gigi yang kurang rapi. Perhatikan gambar berikut ini

Dokter Gigi Merapikan Gigi
Gambaran susunan gigi kurang rapi dan cenderung lebih rapi
(sumber gambar : smilelogicortho.com)

Memiliki susunan gigi yang kurang rapi, dapat berakibat kurang baik terhadap diri kita, diantaranya:

  1. Susunan gigi yang kurang rapi berpengaruh pada penampilan kita (estetika)
  2. Kurang percaya diri saat tersenyum atau bicara
  3. Berpengaruh pada saat mengunyah makanan, susunan gigi yang tidak rapi dapat menyebabkan pergerakan rahang atas dan rahang bawah menjadi kurang harmonis. Hal ini dapat berakibat terjadinya gangguan pada sendi rahang atau Temporo Mandibular Joint (TMJ)
  4. Susunan gigi yang kurang rapi (berjejal) dapat menyulitkan pada saat menyikat gigi. Kondisi tersebut berpotensi ada bagian sela-sela gigi yang sulit dibersihkan, sehingga menumpuk sisa makanan. Sisa makanan yang sulit dibersihkan dapat menyebabkan gigi berlubang, membentuk karang gigi, bau mulut, radang gusi, gusi bengkak, gusi berdarah, dan lain sebagainya.
  5. Susunan gigi yang kurang rapi 
  6. Mempunyai susunan gigi yang kurang rapi juga berpengaruh pada keberhasilan mengikuti seleksi TNI, Polri, IPDN, dan sekolah-sekolah kedinasan lainnya
Apa tujuan perawatan orthodonti atau pemasangan behel kawat gigi?
  1. Tujuan perawatan orthodonti atau pasang behel bukan untuk gaya-gayaan
  2. Tujuan utama perawatan orthodonti adalah untuk mendapatkan susunan gigi yang rapi dan harmonis, sehingga susunan gigi yang rapi dapat menjaga dan meningkatkan kualitas hidup seseorang
Self Ligating Orthodonti
Perawatan orthodonti menggunakan invisalign
(sumber gambar : earlwoodorthodontics.com.au)

Apakah anda merasa susunan gigi anda kurang rapi? anda ingin melakukan perawatan orthodonti? silahkan anda datang ke dokter gigi terdekat, atau dokter gigi kepercayaan anda. 

Saat anda datang ke dokter gigi untuk perawatan orthodonti, biasanya pertama-tama akan dilakukan wawancara oleh dokter gigi terkait keluhan anda, kemudian akan dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh terhadap kondisi gigi mulut anda, pemeriksaan terhadap sendi rahang, pemeriksaan terhadap profil wajah, pemeriksaan radiografi (foto rontgen), dan pemeriksaan-pemeriksaan lainnya yang dibutuhkan.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter gigi, apabila susunan gigi yang anda miliki dinilai perlu penanganan lebih lanjut, biasanya dokter gigi umum akan menyarankan anda untuk datang ke dokter gigi spesialis orthodonti (drg. Sp.Ort)

Orthodonti Majalengka
Perawatan orthodonti cekat menggunakan self ligating braces
(sumber gambar : riverdalefamilyortho.com)

Berapa biaya pasang kawat gigi behel oleh dokter gigi di Majalengka? Perlu anda ketahui bahwa semua jenis perawatan dokter gigi itu tidak sama biayanya. Biaya perawatan dokter gigi dipengaruhi alat bahan yang digunakan, lokasi tempat praktek, tingkat kesulitan kondisi pasien yang dikerjakan, jenis obat yang digunakan, dan lain sebagainya.

Contoh kasus : Misal si A datang ke dokter gigi X pasang behel dengan biaya Rp. 5.000.000, sedangkan si B datang ke dokter gigi X pasang behel biaya Rp. 10.000.000 kenapa bisa beda, padahal dokter giginya sama? Mungkin saja jenis kawat gigi atau behel yang digunakan si A dan si B beda, atau mungkin tingkat kesulitan berbeda, meski yang masang dokter gigi yang sama.

Saran dari saya apabila anda ingin mengetahui lebih jelas berapa biaya pasang kawat gigi oleh dokter gigi? sebaiknya anda datang langsung ke dokter gigi terdekat atau dokter gigi kepercayaan anda, sekalian bertanya, sekalian minta dilakukan pemeriksaan.

===============
Dokter Gigi Gelar S. Ramdhani
Majalengka - Jawa Barat
===============
Alamat dan Jadwal Praktek Klik Disini
=============== 
Yuk baca artikel kesehatan 
gigi dan mulut lainnya Klik Disini
===============
=============== 

Komentar

Postingan Paling Sering Dibaca

Dokter Gigi yang Menerima BPJS di Majalengka

Biaya Tambal Gigi di Dokter Gigi Majalengka