Mengenal Perawatan Saluran Akar PSA Pada Gigi Berlubang (Bagian I)

Gigi Berlubang
(sumber gambar : freepik.com)

Oleh : drg. Gelar S. Ramdhani

Dokter : Bapak mohon maaf, ini lubang pada giginya sudah sangat dalam, saya periksa sudah mencapai bagian saraf, bahkan saya lakukan tes ternyata saraf gigi bapak sudah mati. Jadi mohon maaf gigi bapak tidak bisa langsung ditambal, perlu dilakukan perawatan saluran akar (PSA) atau perawatan endodontik terlebih dahulu

Pasien : Oh gitu ya dok, ngomong-ngomong perawatan saluran akar itu apa dok?

Dokter : Sebelum saya menjelaskan apa itu perawatan saluran akar, saya ingin menjelaskan terlebih dahulu tentang gigi berlubang

  • Lubang pada gigi itu awalnya kecil, jika tidak segera dilakukan perawatan atau penambalan maka lama kelamaan lubangnya bisa semakin membesar dan semakin dalam.
  • Gigi itu kalau sudah bolong tidak bisa memperbaiki sendiri atau tidak bisa nutup lagi dengan sendirinya, tapi harus dilakukan penambalan. 
  • Gigi itu terdiri dari beberapa lapisan, diantaranya : email atau enamel, dentin, dan pulpa atau lapisan pulpa sering juga disebut ruang saraf gigi. Perhatikan gambar berikut ini
Anatomi Gigi Dokter Gigi
Gambaran Gigi
(sumber gambar : Bluce Blaus dalam Wikimedia)

  • Sebagian besar pasien yang mempunyai gigi berlubang, dan lubang giginya baru mencapai lapisan email atau enamel, tidak mengeluh sakit, beberapa hanya mengeluh sedikit ngilu, terutama jika minum air dingin.
  • Gigi berlubang yang baru mencapai lapisan email atau enamel, memungkinkan untuk langsung ditambal permanen tidak perlu perawatan saluran akar terlebih dahulu (kecuali kondisi tertentu).
  • Pasien yang mempunyai gigi berlubang sudah mencapai dentin, beberapa ada yang mengeluh sakit, tapi beberapa hanya mengeluh ngilu, terutama jika minum air dingin.
  • Gigi berlubang yang sudah mencapai dentin ada yang bisa langsung ditambal permanen, ada yang perlu dilakukan perawatan pulp capping terlebih dahulu, dan sebagian ada juga yang perlu dilakukan perawatan saluran akar (tergantung kondisi).
  • Pasien yang memiliki gigi berlubang sudah mencapai pulpa (saraf gigi), ada yang merasakan sakit tapi tidak bengkak, ada yang merasakan sakit disertai bengkak, ada yang hanya bengkak tapi tidak merasa sakit, bahkan ada juga yang tidak merasa sakit dan juga tidak bengkak.
  • Gigi berlubang yang sudah mencapai pulpa tidak bisa langsung ditambal permanen, perlu dilakukan perawatan saluran akar terlebih dahulu.

Pasien : Dok, apa tujuan perawatan saluran akar?

Dokter : Tujuan perawatan saluran akar untuk (1) Membersihkan saluran akar dari pulpa yang mengalami infeksi, (2) Membersihkan saluran akar dari bakteri dan kotoran lainnya yang bisa menyebabkan infeksi, (3) Mencegah terjadinya infeksi ulang setelah penambalan. Jadi kalau lubang gigi sudah sampai pulpa, kemudian langsung ditambal tanpa dibersihkan atau disterilisasi terlebih dahulu, maka bisa terjadi infeksi ulang yang lebih parah, biasanya pasien mengalami bengkak.

Bagaimana proses atau tahapan perawatan saluran akar? bersambung ke tulisan selanjutnya dengan judul Mengenal Perawatan Saluran Akar PSA Pada Gigi Berlubang (Bagian II) Klik Disini

===============
Dokter Gigi Gelar S. Ramdhani
Majalengka - Jawa Barat
===============
Alamat dan Jadwal Praktek Klik Disini
=============== 
Yuk baca artikel kesehatan 
gigi dan mulut lainnya Klik Disini
===============
=============== 

Komentar

Postingan Paling Sering Dibaca

Harga Pasang Behel Dokter Gigi di Majalengka

Dokter Gigi yang Menerima BPJS di Majalengka

Biaya Tambal Gigi di Dokter Gigi Majalengka