Biaya Tambal Gigi di Dokter Gigi Majalengka

 

Tambal Gigi Majalengka
Gigi berlubang sebaiknya segera ditambal
(sumber gambar : freepik.com)

Oleh : drg. Gelar S. Ramdhani

Sering banget saya dapat pertanyaan "Dok, berapa biaya tambal gigi?", pada tulisan ini saya ingin mencoba menjelaskan kepada anda, terkait biaya penambalan gigi di dokter gigi. Anda perlu tahu bahwa harga tambal gigi itu bisa berbeda-beda, beda dokter gigi bisa beda biayanya. 

Bahkan bisa juga menambal gigi di dokter gigi yang sama, tapi antara pasien satu dengan pasien lainnya bisa berbeda biayanya. Kenapa bisa? apa yang menjadi pertimbangan dokter gigi dalam menentukan tarif tambal gigi? berikut saya jelaskan :

  1. Bahan tambal yang paling sering digunakan oleh dokter gigi diantaranya bahan tambal Glass Ionomer Cement (GIC), dan bahan tambal Resin Komposit (RK). Biaya penambalan gigi menggunakan bahan GIC biasanya akan berbeda dengan biaya penambala gigi menggunakan RK, atau dalam arti lain beda bahan bisa beda harga.
  2. Biaya penambalan gigi juga dipengaruhi oleh luas dan kedalaman lubang gigi yang akan ditambal, semakin luas atau semakin dalam lubang gigi yang ditambal akan berpengaruh pada biaya tambal.
  3. Tingkat kesulitan penambalan juga mempengaruhi penentuan biaya.
Saya punya tips untuk anda agar bisa tambal gigi lebih murah, berikut tipsnya :
  1. Kontrol ke dokter gigi secara ruting paling tidak 6 (enam) bulan sekali, dengan sering kontrol ke dokter gigi maka masalah pada gigi dan mulut anda bisa sedini mungkin ditemukan, tidak menunggu sampai parah.
  2. Penambalan gigi bisa menggunakan BPJS atau Kartu Indonesia Sehat, bagi anda yang mempunyai BPJS atau KIS silahkan manfaatkan. Anda bisa datang langsung ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang sesuai dengan FKTP anda masing-masing, misal Puskesmas.
  3. Sebelum dilakukan tindakan penambalan anda berhak untuk konsultasi atau tanya-tanya terlebih dahulu dengan dokter gigi, termasuk tanya-tanat terkait biaya penambalan.
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda

===============
Dokter Gigi Gelar S. Ramdhani
Majalengka - Jawa Barat
===============
Alamat dan Jadwal Praktek Klik Disini
=============== 
Yuk baca artikel kesehatan 
gigi dan mulut lainnya Klik Disini
===============
=============== 

Komentar

Postingan Paling Sering Dibaca

Harga Pasang Behel Dokter Gigi di Majalengka

Dokter Gigi yang Menerima BPJS di Majalengka