Mengenal Dokter Gigi Spesialis di Indonesia

Dokter Gigi Spesialis Majalengka
Dokter Gigi Spesialis
(sumber gambar : freepik.com)

Oleh : Gelar S. Ramdhani

Halo semuanya sudah pada tahu belum kalau dokter gigi itu ada program spesialisasinya lagi? Buat anda yang belum tahu, jadi dokter gigi itu ada dokter gigi umum ada dokter gigi dokter gigi spesialis. Kalau mau jadi dokter gigi spesialis, para dokter gigi umum harus lanjut kuliah lagi ambil spesialis, atau dikenal dengan Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS), kuliahnya cukup lama sekitar 3-4 tahun.

Dokter gigi spesialis itu di Indonesia saat ini (tahun 2023) ada beberapa spesialisasi, diantaranya :

  1. Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak (gelarnya: drg. Sp.KGA), bidang spesialisasinya adalah perawatan gigi anak.
  2. Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (gelarnya: drg. Sp.KG), bidang spesialisasinya adalah perawatan saluran akar gigi, saraf gigi, tambal gigi, dan sejenisnya.
  3. Dokter Gigi Spesialis Penyakit Mulut (gelarnya: drg. Sp.PM), bidang spesialisasinya adalah penanganan kelainan atau penyakit yang ada di rongga mulut.
  4. Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial (gelarnya: drg. Sp.BMM), bidang spesialisasinya adalah pelayanan tindakan operasi atau bedah pada area mulut dan rahang.
  5. Dokter Gigi Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (gelarnya: drg. Sp.RKG), bidang spesialisasinya adalah pencitraan (atau lebih dikenal dengan istilah rontgen) area mulut dan rahang, untuk penegakan diagnosa, penyusunan rencana perawatan atau tindakan, dan evaluasi perawatan.
  6. Dokter Gigi Spesialis Orthodontia (gelarnya: drg. Sp.Ort), bidang spesialisasinya adalah merawat pasien yang memiliki susunan gigi kurang rapi sehingga setelah dilakukan perawatan diharapkan menjadi rapi dan harmoni. Dokter gigi spesialis ini biasa oleh masyarakat umum disebut dokter gigi spesialis kawat gigi, karena perawatan untuk merapikan susunan gigi pasien pada umumnya menggunakan kawat gigi.
  7. Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia (gelarnya: drg. Sp.Pros), bidang ini spesialisasinya adalah membuat gigi tiruan atau gigi palsu untuk membantu pasien yang kehilangan gigi, agar fungsi gigi dan mulutnya bisa kembali mendekati normal.
  8. Dokter Gigi Spesialis Periodonsia (gelarnya: drg. Sp.Perio), bidang ini spesialisasinya adalah merawat jaringan pendukung gigi, misalnya: gusi, tulang, dan lain sebagainya. Jaringan pendukung gigi ini penting untuk gigi kita, karena gigi kita bisa berfungsi dengan normal karena ada jaringan yang mendukungnya, jika jaringan pendukungnya rusak maka gigi akan goyang.
  9. Dokter Gigi Spesialis Odontologi Forensik (gelarnya: drg. Sp.OF), bidang ini spesialisasinya adalah pemanfaatan ilmu kedokteran gigi untuk kepentingan forensik medikolegal. Misalnya: identifikasi jenazah melalui gigi, dan lain sebagainya.
Bagi anda yang memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut, dan ingin ditangani oleh dokter gigi spesialis, maka silahkan anda sesuaikan dokter gigi spesialis apa yang tepat untuk menangani permasalahan  anda? Saat ini jumlah dokter gigi spesialis masih sangat jarang di Indonesia, jumlahnya sangat tidak sebanding dengan ratusan juta penduduk Indonesia. Semoga kedepan jumlah dokter gigi spesialis di Indonesia terus bertambah.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda

===============
Dokter Gigi Gelar S. Ramdhani
Majalengka - Jawa Barat
===============
Alamat dan Jadwal Praktek Klik Disini
=============== 
Yuk baca artikel kesehatan 
gigi dan mulut lainnya Klik Disini
===============
=============== 

Komentar

Postingan Paling Sering Dibaca

Harga Pasang Behel Dokter Gigi di Majalengka

Dokter Gigi yang Menerima BPJS di Majalengka

Biaya Tambal Gigi di Dokter Gigi Majalengka